web analytics

Home » Frequently Asked Questions (FAQs) Departemen Statistika

Frequently Asked Questions (FAQs) Departemen Statistika

Umum

c Expand All C Collapse All

 Departemen Statistika saat ini mengelola 3 Program Studi:

  • Program Sarjana Statistika dan Sains Data,
  • Program Magister Statistika dan Sains Data, dan
  • Program Doktor Statistika dan Sains Data.

Dalam kondisi masa darurat pandemi saat ini, perkuliahan dilakukan secara online dengan video conference dan lecture management system (LMS). Jika nantinya keadaan sudah membaik, perkuliahan akan dilaksanakan secara offline/hybrid mengikuti arahan dari pimpinan IPB dan Kemendikbudristek.

Sebelum pandemi, perkuliahan dilaksanakan secara offline di kampus Baranangsiang dan Dramaga.

Sains Data tidak berdiri sendiri melainkan merupakan perubahan nama prodi yang awalnya bernama Statistika menjadi Statistika dan Sains Data.

Dasar hukum perubahan nama prodi, yaitu:

  • SK Rektor nomor 57/IT3/PP/2020 (Program Sarjana),
  • SK Rektor nomor 59/IT3/PP/2020 (Program Magister), dan
  • SK Rektor nomor 60/IT3/PP/2020 (Program Doktor).

Ketiga file tersebut tersedia pada laman berikut: https://www.stat.ipb.ac.id/main/rectors-decree/.

Karena hanya merubah nama prodi bukan membuat prodi baru, maka akreditasi tetap mengikuti akreditasi prodi sebelumnya, yaitu A, dengan masa berlaku akreditasi masing-masing prodi sebagai berikut:

  • Program Sarjana Statistika dan Sains Data: 7 April 2025,
  • Program Magister Statistika dan Sains Data: 16 Oktober 2024,
  • Program Magister Statistika Terapan: 21 Juli 2021, dan
  • Program Doktor Statistika dan Sains Data: 21 Juli 2021.

Sebagai informasi tambahan, sesuai dengan Permendikbud No. 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, akreditasi institusi dan prodi akan diperpanjang secara otomatis ketika masa berlakunya habis.

 File akreditasi institusi dan prodi dapat diakses pada website KMMAI IPB berikut: http://app.kmmai.ipb.ac.id/external/akreditasi. Selain di website tersebut, kami juga sudah menyediakan file akreditasi prodi terakhir di website kami pada laman berikut:

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

c Expand All C Collapse All

Informasi pendaftaran mahasiswa baru program sarjana dan pascasarjana dapat diakses pada laman berikut: https://admisi.ipb.ac.id/, proses pendaftaran juga dilakukan di website tersebut.

Departemen Statistika hanya membuka pendaftaran mahasiswa baru pada semester ganjil saja.

Sampai saat ini kami hanya menyelenggarakan program perkuliahan reguler yang waktu perkuliahannya reguler hari Senin-Jumat baik untuk program sarjana, program magister, maupun program doktor. Kami tidak menyelenggarakan program ekstensi (kelas karyawan) yang perkuliahannya akhir pekan/malam hari.

Awal masa perkuliahan adalah awal semester ganjil sekitar pertengahan/akhir bulan Agustus.

Untuk program sarjana bisa melalui SNMPTN, UTBK-SBMPTN, UTMBK, PIN, dan BUD.

Kuota penerimaan program sarjana kurang lebih seperti ini pembagiannya: SNMPTN 40%, SBMPTN 35%, dan Jalur Mandiri (UTMBK, PIN, BUD) 25%. Info terkait daya tampung dan keketatan seleksi dapat dilihat pada laman berikut: https://admisi.ipb.ac.id/daya-tampung-program-sarjana/.

Informasi terkait Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dapat dilihat pada laman berikut: https://admisi.ipb.ac.id/ujian-tulis-mandiri-berbasis-komputer-ipb/

Ya, diperbolehkan.

Pendaftaran program pascasarjana terbagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama (biasanya ditutup 30 April) dan gelombang kedua (biasanya ditutup 16 Juli). Informasi lengkap terkait agenda pendaftaran program pascasarjana dapat diakses pada laman berikut: https://pasca.ipb.ac.id/agenda/.

Tidak ada, untuk PMB Pascasarjana tidak ada seleksi dalam bentuk ujian. Seleksi yang dilakukan hanya berdasarkan formulir yang diisi dan berkas-berkas yang disubmit.

Untuk TPA tidak diwajibkan jika memenuhi syarat (IPK > 2.5), sementara tes kemampuan bahasa inggris disarankan untuk tersedia.

Tidak ada format khusus.

Tidak ada. Asalkan sudah dinyatakan lulus S1 oleh kampus, mahasiswa diperkenankan untuk mendaftar.

Program Sarjana

c Expand All C Collapse All

Informasi mengenai kurikulum program sarjana tersedia pada website kami: https://www.stat.ipb.ac.id/main/struktur-kurikulum/, sementara silabus mata kuliah dapat diakses pada laman berikut: https://www.stat.ipb.ac.id/main/deskripsi-mata-kuliah/

Untuk program sarjana, Departemen Statistika hanya membuka program reguler, kami tidak membuka program alih jenis.

Program Magister

c Expand All C Collapse All

Informasi mengenai kurikulum program magister tersedia di website kami: https://www.stat.ipb.ac.id/main/master-curriculum/, sementara silabus mata kuliah dapat diakses pada laman berikut: https://www.stat.ipb.ac.id/main/deskripsi-mata-kuliah-2/.

Program studi yang berubah namanya adalah Program Magister Statistika menjadi Program Magister Statistika dan Sains Data (sesuai yang terdapat di SK Rektor nomor 59/IT3/PP/2020 tentang Perubahan Nama Prodi Statistika dan Sains Data). Sementara Program Magister Statistika Terapan tidak mengalami perubahan apapun.

Sejak tahun 2020, Departemen Statistika hanya membuka penerimaan mahasiswa baru program magister pada Program Magister Statistika dan Sains Data saja. Di dalam kurikulum baru (K-2020) program studi ini, tersedia tiga pilihan program peminatan: Statistical Modelling, Predictive Analytics, dan Big Data Analytics. Jadi meskipun Program Magister Statistika Terapan tidak membuka penerimaan mahasiswa baru, namun kurikulumnya sebenarnya sudah tercakup di dalam Program Magister Statistika dan Sains Data, khususnya pada program peminatan Predictive Analytics.

Secara umum tidak ada syarat administrasi latar belakang pendidikan sarjana pendaftar. Masih dimungkinkan menerima pendaftar dari pendidikan sarjana di luar Statistika atau Matematika, tetapi memiliki pengalaman (dibuktikan dengan tulisan karya ilmiah atau pekerjaan) yang terkait dengan Statistika. Akan lebih baik juga misalnya dalam transkrip S1 terdapat mata kuliah Matematika, Statistika, dan Kalkulus.

Biaya UKT (uang kuliah tunggal) program magister reguler, yaitu Rp9.000.000,- per semester sesuai SK Rektor No. 79/IT3/KU/2016 (https://pmbpasca.ipb.ac.id/id/info/jenis).

Letter of Acceptance (LoA) dari IPB hanya diberikan untuk calon mahasiswa yang sudah lolos seleksi masuk IPB. Informasi terkait persyaratan dan timeline dapat diakses di laman berikut https://admisi.ipb.ac.id

Saat ini penerimaan mahasiswa melalui program kerja sama hanya dengan institusi BPS untuk tugas belajar pegawai BPS, tidak dibuka untuk masyarakat umum.

Program Magister Statistika dan Sains Data menerima lulusan D4 dengan tambahan matrikulasi. Namun program ini hanya tersedia untuk jalur kerja sama dengan BPS.

Pembimbing tesis akan dibagikan di akhir semester 1.

Maksimal SKS yang diambil per semester adalah 15 SKS.

Mata kuliah di IPB yang dimaksud adalah seluruh mata kuliah dari departemen apapun di IPB, baik dari Departemen Statistika (selain mata kuliah wajib) maupun dari Departemen lainnya. Sementara mata kuliah di luar IPB yang dimaksud adalah mata kuliah yang memang diampu oleh kampus lain, short/summer course, ataupun online course. Tentunya ada proses penilaian oleh prodi untuk pengakuan kredit SKS-nya. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek.

Program Doktor

c Expand All C Collapse All

Informasi mengenai kurikulum program doktor tersedia di website kami: https://www.stat.ipb.ac.id/main/doctor-curriculum/, sementara silabus mata kuliah dapat diakses pada laman berikut: https://www.stat.ipb.ac.id/main/deskripsi-mata-kuliah-2/.

Biaya UKT (uang kuliah tunggal) program doktor reguler, yaitu Rp12.000.000,- per semester sesuai SK Rektor No. 79/IT3/KU/2016 (https://pmbpasca.ipb.ac.id/id/info/jenis).

Bisa, mahasiswa yang berlatar belakang non-statistika atau non-matematika berpotensi untuk diterima di Program Doktor Statistika walaupun sampai saat ini kami belum memiliki pengalaman menerima mahasiswa dengan latar belakang seperti Anda. Untuk diketahui bahwa dalam program doktor di departemen kami, selain mahasiswa wajib melakukan penelitian untuk publikasi dan disertasi, mahasiswa juga masih diprasyaratkan lulus beberapa mata kuliah, baik mata kuliah statistika yang bersifat lanjut maupun mata kuliah lain yang diprasyaratkan oleh IPB. 


Leave a comment