Tindak lanjut kebijakan “Milestones Percepatan Masa Studi Program S2”

 

No. : Nota Dinas
Lamp. : 1 lembar
Hal : Tindak lanjut kebijakan “Milestones Percepatan Masa Studi Program S2”

Kepada
Yth. Bapak/ibu para Dosen Pascasarjana Statistika IPB
di Tempat

Kami menerima surat dari Dekan Sekolah Pascasarjana IPB (surat no: 15011/IT3.S1/PP/2018, tanggal 9 November 2018) tentang masih panjangnya masa studi mahasiswa pascasarjana sehingga dapat merugikan citra IPB secara keseluruhan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa melalui proses perbaikan secara berkesinambungan maka Sekolah Pascasarjana telah mengeluarkan kebijakan dengan menentukan “Milestones Percepatan Masa Studi Program S2” seperti foto terlampir. Hal penting dalam gambar tersebut adalah bahwa di semester 1 mahasiswa sudah harus memiliki pembimbing, di semester 2 mahasiswa harus sudah kolokium, di semester 3 mahasiswa mengirim naskah publikasi ke jurnal atau prosiding, dan di semester 4 mahasiswa Seminar serta Ujian Tesis.

Program Sudi STK dan STT telah menindak-lanjuti kebijakan tersebut dengan melakukan berbagai hal penting sebagai berikut:

  1. Alokasi pembimbing untuk mahasiswa angkatan 2018/19 telah dilaksanakan pada Semester 1 ini. Selanjutnya kami mohon bantuan bapak ibu sekalian yang mendapat amanah sebagai Ketua Komisi agar mulai melakukan pembimbingan dan disarankan dimulai dengan membahas SINOPSIS yang sudah ditulis oleh mahasiswa pada saat melamar ke SPs. Tentu saja SINOPSIS tersebut terbuka untuk dimodifikasi bahkan diubah sama sekali sesuai pertimbangan dari dosen pembimbing. Selanjutnya kami mohon agar segera ditentukan anggota komisi sesuai dengan kebutuhan.
  2. Pada semester 2 nanti model kolokium akan diubah dari sekedar presentasi rencana penelitian menjadi kegiatan perkuliahan yaitu kuliah kolokium yang terjadwal selama satu semester dengan 14 kali pertemuan.Tujuan kuliah ini adalah untuk mematangkan draft proposal serta untuk memastikan semua mahasiswa bisa melaksanakan kolokium selambat-lambatnya pada akhir semester 2. Dalam pelaksanaan kuliah ini kami sangat membutuhkan dukungan dari dosen pembimbing karena mahasiswa akan kami minta untuk sering berkonsultasi dengan dosen pembimbingnya dalam rangka pemantapan draft rencana penelitian mereka.

Demikian informasi dari kami, dukungan dari bapak/ibu sekalian untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa pascasarjana sangat kami harapkan. Atas dukungan dan perhatian bapak/ibu sekalian kami ucapkan terimakasih.

Bogor, 14 November 2018
a.n. Pengelola program pascasarjana STK

Prof. Dr. Ir. Khairil Anwar Notodiputro, MS
NIP. 19560404 198011 1 002

Download:

Surat